KONSEP DASAR SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
TUGAS KULIAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DOSEN :ALDRI FRINALDI,S.H.,M.HUM
Nip.19700212 199802 1 001
OLEH
MELA GUSRI RAHMAN
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013
A.
KONSEP
DASAR SISTEM INFORMASI
3 hal untuk memahami
Konsep Dasar Sistem Informasi
-
Definisi Sistem Informasi
-
Komponen Sistem Informasi
-
Peranan Sistem Informasi bagi Manajemen
Definisi Sistem
Informasi Manajemen menurut para ahli :
1. David
Kroenke menyatakan bahwa Sistem informasi manajemen adalah
pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam
organisasi-organisasi.
2. Mc.
Leod mendefiniskan sistem informasi manajemen adalah sebagai
suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai
yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau
salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa
yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.
Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan
output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf
lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
3. Stoner berpendapat
bahwa sistem informasi manajemen merupakan metode formal yang menyediakan
informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses
pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan
, operasi secara efektif dan pengendalian.
4. Ibnu
Syamsi mengungkapkan sistem informasi manajemen adalah jaringan
informasi yang diperlukan pimpinan dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam
mengambil keputusan, dimana sistem informasi manajemen disamping diperlukan
oleh pimpinan, juga dibutuhkan seluruh anggota organisasi yang dipimpinnya.
5. Hershner
Cross mengatakan sistem informasi manajemen yang terpadu merupakan
gabungan yang amat teratur dari pegawai, perlengkapan dan fasilitas-fasilitas
yang melakukan penyimpanan, pengambilan, pengolahan, pengiriman dan peragaan
data yang semuanya sebagai tanggapan terhadap kebutuhan-kebutuhan para pembuat
keputusan pada semua tingkat organisasi dalam perusahaan.
6. Sherman
Blumenthal mendefinisikan sebagai sesuatu sistem keterangan yang
mencangkup sarana-sarana untuk menghimpun, menyimpan, memperbaharui dan
mengambil data maupun berbagai sarana untuk mengubah data menjadi informasi
untuk dipergunakan manusia.
7. Menurut Alter dalam Effendy (1989:11), sistem informasi
adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi
informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
- Suatu
Sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam
organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
-
Sekumpulan prosedur organisasi yang pd saat dilaksanakan akan memberikan informasi
bagi pengambil keputusan untuk mengendalikan informasi.
Kesimpulannya :
Sistem informasi
mencakup sejumlah komponen (Manusia,Komputer Teknologi Informasi &
Prosedur kerja), ada sesuatu yg diproses (data menjadi informasi) dan
dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran/tujuan.
Komponen Sistem
Informasi
·
Hardware
·
Software
·
Prosedure
·
Manusia
·
Data
Kelima Komponen
tersebut diklasifikasikan menjadi
-
Hardware & Software sbg mesin
-
Manusia & prosedur merupakan manusia & tata cara menggunakan mesin.
-
Data merupakan jembatan penghubung antara manusia & mesin agar terjadi
proses pengolahan data.
Peranan Sistem
Informasi Bagi Manajemen
Sistem Informasi
punya peranan penting didalam menyediakan informasi bagi manajemen semua tingkatan.
Supaya informasi yang
dihasilkan oleh sistem informasi dapat mengena dan berguna bagi manajemen maka
sistem analis harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang
dibutuhkan & bagaimana tipe keputusan yang diambil dari setiap
tingkatan manajemen.
B.
KONSEP
MANAJEMEN & PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Untuk memahami konsep
manajemen beberapa hal yang harus dipahami adalah :
-
Kegiatan Manajemen
-
Tipe Keputusan Manajemen
-
Tipe Informasi Manajemen
Kegiatan Manajemen
Kegiatan Manajemen
dihubungkan dengan tingkatannya di dalam organisasi.
Kegiatan ini
mempengaruhi pengolahan informasi karena berbeda-beda untuk tiap tingkatan.
Tingkatan Manajemen
di dalam Organisasi
Kategori kegiatan
Manajemen
Perencanaan Strategis
, Merupakan kegiatan manajemen tingkat atas.
Pengendalian
Manajemen. Merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah.
Pengendalian operasi.
Merupakan kegiatan manajemen tingkat bawah.
Tipe Keputusan
Manajemen
Pengambilan keputusan
adalah tindakan manajemen didalam pemilihan alternatif untuk mencapai sasaran
3 Tipe Keputusan
Manajemen
a. Keputusan tidak terprogram / Tidak terstruktur.
b. Keputusan setengah terprogram / setengah terstruktur.
c. Keputusan terprogram / Terstruktur.
Tipe Informasi
Manajemen
Untuk mendukung
keputusan yang akan dilakukan manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi
yang berguna. Untuk Manajemen tingkat bawah ,
tipe informasinya adalah terinci (Detail).
Makin keatas
tingkatan manajemen maka informasinya makin ringkas/umum.
0 komentar:
Posting Komentar